SELAMAT DATANG DI BLOG BELAJAR TANPA BATAS BERSAMA SAYA ANANG SUTRISNO MARI KITA BELAJAR DENGAN PORTAL RUMAH BELAJAR. BELAJAR DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, DENGAN SIAPA SAJA

Jumat, 25 September 2020

PembaTIK Level 2 "Implementasi"

 Pembatik Level 2 Tahun 2020

Setelah mengetahui pengumuman kelulusan level 1 pada tanggal 29 April 2020, Penulis bersyukur kehadirat Allah SWT dikarenakan "LULUS" dan melanjutkan ke level 2. Tanpa berfikir panjang penulis langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan selanjutnya, dan lagi-lagi penulis memilih masuk di gelombang 2 yang dilaksanakan pada tanggal 03 s/d 17 Mei 2020. Pada level 2 ini terdapat 4 modul yakni Modul 5 "Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar"; Modul 6 "Penerapan Pembelajaran Menggunakan Fitur-Fitur Rumah Belajar"; Modul 7 "Pemanfaatan Media TV Edukasi, dan M-Edukasi Dalam Pembelajaran"; Modul 8 "Pengelolaan Kelas Yang Mengintegrasikan TIK Dalam Lingkungan Belajar". Seluruh Modul pada level 2 ini juga penulis cetak kembali agar bisa dipelajari secara perlahan-lahan. Pada level ini lebih fokus terhadap pemanfaat rumah belajar, dimana penulis harus dapat menerapkan penggunaan fitur-fitur rumah belajar dan mengimplementasikan kedalam lingkungan belajar.

Perjalanan menuju level 2 ini dirasakan penuh dengan perjuangan, disini penulis pertama sekali mengenal yang namanya VLOG dan dijadikan tagihan tugas pada level 2. Pengalaman dalam membuat VLOG dan mengedit video menggunakan aplikasi Kinemaster juga merupakan pengalaman yang pertama. Berbekal berbagai pertanyaan yang diluncurkan kepada para DRB dan memanfaatkan tutorial yang ada di Youtube perlahan-lahan penulis mencoba untuk memulai membuat sebuah skenario pembuatan VLOG tersebut. Namun ide atau konsep skenario tersebut tak kunjung muncul juga, akhirnya penulis mengikuti kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh DRB Kalimantan yang membahas mengenai kupas tuntas peserta PembaTIK level 2. Meskipun sudah mendapatkan gambaran dari kegiatan webinar tersebut, justru bingung dan ragu yang penulis rasakan. Hal ini disebabkan faktor geografis di sekolah penulis yang tidak bisa diakses dengan internet. Namun pada akhirnya DRB Riau mengadakan webinar tentang seputar PembaTIK level 2 dan penulis mengikuti kegiatan tersebut, akhirnya penulis memberanikan diri untuk bertanya solusi apa yang harus dilakukan apabila kondisi disekolah tidak bisa diakses menggunakan internet? Saya masih ingat sekali pada saat itu Ibu Sri Rahayu Ningsih memberikan jawaban yang sangat baik, sehingga memotivasi saya untuk membuat skenario pembuatan VLOG tersebut. Berbekal masukan dan arahan dari Ibu Sri Rahayu Ningsih akhirnya penulis mendapatkan ide untuk menyelesaikan pembuatan VLOG tersebut, meskipun sudah diakhir waktu pengumpulan tugas. Dalam ujian post test level 2 gelombang 2 terjadi insiden pada sistem simpatik.belajar.kemdikbud.go.id sehingga harus dilakukan ujian ulang. Meskipun sudah dilaksanakan ujian ulang post test, ternyata sistem masih error yaitu timer penghitung mundur tidak berjalan sama sekali. Akhirnya penulis pasrah dengan keadaan karena sudah melaksanakan ujian ulang juga sistem masih error. Dikarenakan banyaknya peserta yang merasa dirugikan akhirnya pihak Pusdatin mengeluarkan surat edaran untuk gelombang 2 dilakukan ujian ulang. Dengan hati riang gembira karena masih diberikan kesempatan untuk melaksanakan ujian post test PembaTIK level 2.

Berikut hasil VLOG pada level 2 PembaTIK Tahun 2020.


Silakan unduh modul PembaTIK Level 2 dibawah ini.









Materi Powerpoint Modul 5
 


Materi Powerpoint Modul 6
 


Materi Powerpoint Modul 8





Sumber Data: Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Jakarta - 2020

5 komentar: